Posted in Just Share, Motivation

Be A PATRIOT!


Mungkin kata kata ini sangat familiar dengan kita. Kita sering menyebutnya pada saat kemerdekaan. Sebenarnya apa sih patriot itu? Seberapa pentingkah nilai nilai patriotisme terhadap kita sebagai mahasiswa?

Secara definisi Patriot adalah sikap pantang menyerah dan rela berkorban dengan mengerahkan daya dan upaya untuk semua yang kita inginkan. Kata kata patriot hampir sama dengan heroik atau kepahlawanan.

Patriot dengan arti lain adalah Prestatif, Aktif, Tanggap, kRitis, visIOner, Tanggung jawab. Apakah arti setiap kata tersebut? Pentingkah bagi kita sebagai mahasiswa?

Yang pertama yaitu prestatif. Prestatif yang dimaksud disini adalah berprestasi. Meskipun deskripsi secara nyata berprestasi itu seperti apa adalah sesuatu yang relatif. Bagi sebagian orang, prestatif itu juara OSN(Olimpiade Sains Nasional), juara sebuah lomba dan lain-lain. Itu juga termasuk prestasi. Namun, prestasi sendiri dapat dicapai dengan sesuatu yang kecil yang dapat kita lakukan dan bermanfaat untuk orang lain. Jadi apa yang bisa kita lakukan, Selama hal itu bisa bermanfaat bagi orang lain, maka hal itu termasuk prestatif.

Selnjutnya yaitu aktif. Aktif dalam segala hal. Aktif sebagai mahasiswa, aktif sebagai organisatoris, dan lain-lain. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa aktif adalah salah satu elemen penting bagi mahasiswa. Kita tidak bisa bermalas-malasan. Kita dituntut untuk bersikap aktif untuk membangun bangsa ini. Aktif disini tidak hanya bertindak saja. Tetapi juga harus berfikir sebelum bertindak.

Selanjutnya yaitu Tanggap. Tanggap disini adalah sebuah sikap untuk melakukan sesuatu tanpa disuruh. Tanggap sangat membutuhkan kepekaan terhadap sebuah permasalahan. Sebagai mahasiswa, kita sangat penting untuk mempunyai sikap ini. Karena, setiap apa yang terjadi di lingkungan ini pasti mempunyai permasalahan. Oleh karena itu, kitalah yang harus bersikap tanggap. Sebagai contoh kecil, misalnya ketika kita melihat sampah berserakan di jalan. Jika kita bersikap tanggap, maka kita bisa memungutnya ke tempat sampah tanpa disuruh. Hal inilah yang dimaksud tanggap. Kita dituntut proaktif terhadap permasalahan. Hal ini juga salah satu fungsi kita sebagai social control. Dimana ketika kita peka, maka akan timbul inisiatif. Dan jika timbul inisiatif, maka akan terjadilah sebuah action. Dan inilah muara dari apa yang kita lakukan.

Selanjutnya yaitu kritis. Kita seharusnya tidak selalu membiarkan apa yang kita lihat, apa yang kita dengar berlalu begitu saja. Saatnya kita berani mengkritisi apa yang terjadi di lingkungan kita. Saatnya kita bersikap kritis terhadap kebijakan-kebijakan. Katakan benar jika memang benar. Dan katakanlah salah jika memang salah. Sebenarnya, inilah salah satu peranan kita sebagai mahasiswa. Mengapa demikian? Karena di tangan kitalah nasib jutaan masyarakat Indonesia.

Selanjutnya yaitu visioner. Visioner disini adalah sebuah sikap pandangan kita kedepan. Layaknya sebuah perjalanan. Kita harus tahu apa yang akan kita lakukan. Jangan samapai kita melangkah tanpa tujuan. Hal ini menyebabkan kita menjadi melangkah tanpa tujuan dan hanya menghabiskan waktu dengan tujuan yang tidak jelas. Kita harus bisa melakukan pandangan beberapa tahun ke depan. Kita akan menjadi apa, apa yang harus kita capai, apa yang bisa kita lakukan untuk bangsa ini. Visi disini juga dapat membantu kita untuk focus. Agar kita tidak mengambil apa saja yang ada. Hal ini juga berkaitan dengan mimpi. Dimana kita berani bermimpi, maka kita akan berani melakukan apa saja yang kita impikan. Tapi jangan lupa. Setelah mencangkan visi, kita juga harus action. Karena sama saja kita mempunyai visi namun kita tidak melakukan misi. Sama saja visi tinggallah visi. Hanya akan menjadi visi, tanpa sebuah pencapaian.

Selanjutnya yaitu tanggung jawab. Tanggung jawab adalah sebuah sikap yang harus kita tempuh karena apa yang kita lakukan. Karena setiap apa yang kita lakukan dan setiap keputusan yang kita ambil akan segera dipertanggung jawabkan entah sekarang atau di masa yang akan datang. Mutlak sebagai mahasiswa kita seharusnya mempunyai sikap ini. Mengapa demikian? Karena sikap-sikap ini sudah lama tergerus dari bangsa ini. Sekarang banyak sekali kita lihat mahasiswa menjarah dan melakukan tindakan anarki. Sungguh ini merupakan hal yang tidak bertanggung jawab. Jadi, berani berbuat maka kita juga harus berani bertanggung jawab.

Dari semua komponen tersebut, maka dapat kita simpulkan bahwa semuanya mempunyai peranan penting kepada kita. Kita mutlak memilikinya. Sudah saatnya kita melakukan PATRIOT (Prestatif, Aktif, Tanggap, kRitis, visIOner, Tanggung jawab). Prestatif, agar kita mempunyai daya saing tinggi. Aktif, agar kita selalu act dan tidak hanya di angan-angan. Tanggap, agar kita peka terhadap lingkungan. Kritis agar kita tidak membiarkan apa yang terjadi hanya lewat begitu saja. Visioner agar kita focus terhadap impian kita. Tanggung jawab agar tidak ada yang merasa dirugikan dengan apa yang kita lakukan.

Dari semuanya. Mari kita terapkan PATRIOT. Agar kita menjadi seutuhnya mahasiswa. Saatnya kita sadar. Karena sebenarnya banyak yang bergantung kepada kita sebagai mahasiswa. Jika boleh saya mengutip dari perkataan John F. Kennedy “Jangan tanyakan apa yang Negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang sudah kamu berikan untuk negara”. Lakukan PATRIOT untuk berkontribusi untuk negeri!

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s