Posted in Event, Just Share, Motivation

Kami Optimis


Halo sob, Tepatnya hari Sabtu kemarin tanggal 5 Mei 2012 di ITS ada acara Public Figure on Talk yang mengundang menteri BUMN kita Pak Dahlan Iskan. Acara ini mempunyai engusung tema optimistis yang sekarang sedang digalakkan kepada bangsa Indonesia.

Sebagaimana kita tahu, bahwa di media kita saat ini banyak sekali berita buruk, namun kita tidak pernah tahu bahwa masih banyak berita baik yang memberikan optimisme kepada kita apalagi para remaja. Harusnya kita tahu bahwa sebenarnya masih banyak sesuatu yang positif dari bangsa ini.

 

Tidak sedikit pelajaran yang didapatkan oleh para pemuda dari perjuangan hidup sosok mantan Direktur Utama (Dirut) PLN ini. Diawali dari kisah saat ia kecil, meski hidup dalam keluarga yang miskin, ia tidak pernah sekalipun menangisi kemiskinannya. Meski kelaparan, ia pun tidak pernah menangis karenanya. ”Kalau jadi orang miskin, maka miskinlah dengan bermartabat, dan kaya untuk bermanfaat,” pesannya disambut anggukan para peserta.

Yang tidak kalah menginspirasi adalah kisahnya ketika menjalani kehidupan menjadi aktivis kampus dan mengawali karirnya sebagai wartawan. Kala itu, ia merasa sangat bosan menjadi mahasiswa, sehingga ia bekerja di sebuah surat kabar kecil di Kalimantan. Berkat kesungguhannya, ia lolos menjadi salah satu wartawan muda yang dikader di Jakarta selama tiga bulan.

Pelajaran yang paling penting dari pengalamannya menjadi wartawan adalah kesungguhan. Menurutnya, tanpa kesungguhannya di surat kabar kecil Kalimantan, ia tidak akan dipilih menjadi sepuluh orang wartawan dari seluruh Indonesia untuk palatihan. Tanpa kesungguhan pun ia tidak akan bisa masuk Tempo dan kemudian membesarkan koran Jawa Pos. ”Untuk bersungguh-sungguh itu tidak usah menunggu dalam suatu jabatan, namun harus dilakukan dalam posisi apapun,” tegasnya.

Dari perbincangan dengan Pak Dahlan Iskan, kita jadi tahu bahwa sebenarnya negara kita tidak melulu punya sesuatu yang negatif. Namun, jika kita memandang dengan sis yang lain, masih banyak optimisme yang akan kita dapatkan untuk Indonesia yang lebih baik.

beberapa referensi : @ITS_Surabaya, its.ac.id

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s