Posted in Just Share

Medsos for Usaha? Why not?


Halo sob.

Kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang mulai maraknya media sosial sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan seoarng wirausahawan. Sebagaimana kita tahu, bahwa akhir akhir ini kita sering didengangdengungkan tentang kata-kata media sosial.
Nah sebenernya, apa sih media sosial itu?

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Nah, gampangannya, yaitu Facebook, twitter, blog, web, online store, dsb adalah salah satu dari media sosial. Karena emang kita sering gak sadar kalo kita sering make kata-kata itu tapi gatau sendiri itu apa?. :p

Sesungguhnya, jika memanfaatkannya dengan cara yang maksimal, media sosial bisa digunakan untuk menunjang kegiatan wirausaha. Karena gak bisa dipungkiri, bahwa media sosial mempunyai peranan yang cukup besar dalam pengembangan wirausaha di Indonesia. Sebut saja Cak Eko, Pandji, dll.

Nah, bagaimana bisa sih media sosial begitu sangat berpengaruh dalam wirausaha? Yuk kita bahas satu persatu.

Yang pertama yaitu, mengonlinekan barang dagangan kita di tempat-tempat penyedia jual beli online seperti tokobagus, kaskus, dan multiply. Sebagaimana kita tahu, situs-situs tersebut memberikan kemudahan. Kita hanya tinggal mendaftar dan kita mendapatkan subdomain dan di dalamnya kita sudah bisa memasang barang-barang kita disana. Sebut saja kaskus yang sudah memiliki 1 juta pengguna. Dan semakin banyaknya pengguna situs tersebut, maka semakin mudahnya barang kamu dilihat oleh orang lain.

 

Yang kedua yaitu dengan mengonlinekannya dengan online store sendiri. Kini sudah semakin banyak script open source yang bisa digunakan. Bahkan ada yang sekali klik udah bisa digunakan sebagaimana mestinya. Membuat toko online sendiri juga sebenarnya adalah salah satu cara agar kita lebih dipercaya dan menunjukkan kalo kita serius.

Yang ketiga yaitu memanfaatkan media sosial sebagai promosi. Seperti facebook, twitter, dan instagram. Situs-situs jejaring sosial tersebut sudah sangat sering digunakan bahkan sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Bayangkan ketika kita mempromosikan barang ketika di social network, maka secara otomatis, maka banyak pula orang yang melihat barang kita. Dan otomatis, semakin banyak pula yang berminat untuk membeli barang kita.

Yang keempat yaitu, dengan cara mengonlinekan toko kita, maka kita termasuk menyelamatkan lingkungan. Kenapa demikian? karena kita hanya menggunakan apa yang perlu-perlu saja. Selain itu, kita tidak membutuhkan spanduk yang biasanya berasal dari plastik yang membutuhkan waktu lama untuk didaur ulang. Orang-orang yang merasa sadar akan keadaan lingkungan pasti mulai berpindah dari yang penggunaannya dengan cara konvensional menjadi praktis dan paperless.


So, sebenernya banyak banget yang bisa diambil dalam pemanfaatan media sosial untuk wirausaha. Tergantung kita mau memanfaatkan atau tidak dan tergantung kita bisa memanfaatkan atau tidak.

🙂

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s