Posted in Just Share

Kapan Puasanya?


Hello guys, hari ini tepat tanggal 19 Juli 2012 di TV, di Twitter pada ngomongin sama yang namanya kapan sih puasanya.

Sejak tahun-tahun pas saya kecil juga pasti ada aja perdebatan kapan sih puasanya? nah dari situ muncul beberapa pendapat. Dan ujung-ujungnya juga kita memulai puasa di hari yang berbeda dan mengakhirinya dengan hari yang berbeda.

Yang paling mencolok adalah ketika ada 2 ormas besar di Indonesia. Yaitu Muhammadiyah dan NU. Kedua ormas ini juga lumayan banyak yang mengikuti.

Muhammadiyah menggunakan metode hisab dalam penentuan 1 ramadhan dan 1 syawal. Mereka lebih cenderung percaya dengan penghitungan-penghitungan yang menggunakan algoritma.

Sedangkan NU, menggunakan Rukyat dalam menentukan 1 Ramadhan dan 1 Syawal. Rukyat sendiri adalah melihat hilal atau bulan baru. Biasanya mereka melihat bulan di pantai atau tempat-tempat strategis pas matahari tenggelam. Biasanya kelihatan hilalnya.

Nah, tahun ini juga sama. Muhammadiyah yang sudah menemukan penghitungannya, menyimpulkan bahwa 1 Ramadhan adalah besok, 20 Juli 2012. Sedangkan NU, yang berdasarkan melihat hilal, baru menemukan hilal pada 1,41 derajat. Sedangkan, untuk menentukan apakah 1 Ramadhan harus lebih besar atau sama dengan 2 derajat.

Dan akhirnya, pemerintah akhirnya menentukan bahwa 1 Ramadhan tanggal 21 Juli 2012. Tapi Muhammadiyah tetep pada pendiriannya. Yang jelas gak usah diperdebatkan dan saling menghormati.

Yang salah siapa? Yang salah ya yang gak puasa.

Happy Fasting Sob!🙂

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s