Posted in Just Share

Menjadi Pendidik, Cara Mudah Ubah Nasib Bangsa


Salah satu aspek terpenting dalam keberhasilan sebuah negara bisa dilihat dari kualitas pendidikannya. Semakin bagus kualitas pendidikan di suatu negara, semakin baik pula kualitas SDM di dalamnya. Semakin buruk kualitas pendidikan suatu negara, semakin buruk pula kualitas SDMnya.
Faktor Penting Keberhasilan Pendidikan

Ada banyak faktor dalam keberhasilan sebuah pendidikan. Baik itu media belajarnya, cara menyampaikannya, ataupun intensitas belajar itu sendiri. Namun, ada salah satu aspek yang cukup vital dalam keberhasilan suatu pendidikan. Yaitu, pendidiknya. Betul, pendidiknya!.

Pentingnya Seorang Pendidik

Coba kita telaah lebih lanjut. Mengapa bisa seorang pendidik bisa menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan suatu pendidikan. Seorang pendidik adalah seseorang yang memberikan pengajaran kemada murid-muridnya. Pernah tahu lagu Oemar Bakrie-nya Iwan Fals? Berikut kutipan liriknya:

Oemar Bakrie… Oemar Bakrie… Banyak ciptakan menteri.

Benar, sebenarnya pendidik jugalah yang menciptakan orang-orang berpengaruh di Indonesia ini bahkan di dunia. Merekalah pencetak bibit-bibit terbaik bangsa. Seorang presiden bisa menjadi seorang presiden karena guru. Seorang pengusaha bisa menjadi sukses karena guru. Seorang guru pun bisa menjadi guru karena seorang guru. Hampir seluruh aspek strategis di negara ini berasal dari pendidik. Bahkan sobat blogger semua bisa seperti saat ini juga mungkin karena jasa pendidik kalian.

Namun, saat ini ada saja alasan yang membuat seseorang terasa sulit sekali untuk menjadi pendidik. Salah satu alasannya adalah gaji pendidik saat ini kurang dari yang diharapkan. Kesejahteraan guru saat ini jauh dari layak. Apalagi guru-guru di daerah yang jauh dari akses pendidikan. Mereka membutuhkan pengorbanan yang jauh lebih besar namun tak sebanding dengan apa yang didapatkan.

Pernah dengar lagu oemar bakrie lagi?

Oemar Bakrie.. Oemar Bakrie… Jadi guru jujur berbakti memang makan hati.

Replika Guru Oemar Bakrie

Namun, janganlah berputus asa, kita masih punya titik terang. Siapakah yang bisa menjadi solusinya? ya kita sendiri. Kita bisa menjadi pendidik.

Kalau bukan kita, siapa lagi? kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Bagaimana caranya? caranya bisa dengan cara yang sangat mudah. Sobat blogger bisa menjadi seorang tutor di kelompok belajar kamu. Kamu juga bisa mengajari adik kamu tentang pelajaran. Dan mungkin dengan cara yang lebih formal. Yaitu dengan cara menjalani pendidikan guru dan akhirnya menjadi guru yang sebenarnya.

Ada satu lagi cara menjadi pendidik yang paling mudah adalah dengan menjadi tauladan yang baik. Dengan menjadi teladan yang baik, maka kamu juga mengajarkan nilai-nilai kebaikan untuk orang di sekitar kamu.

Manfaat Menjadi Pendidik

Apa sih manfaat menjadi pendidik? Banyak sob. Kamu bisa menjadi seseorang yang awet muda. Kok bisa? guru pada umumnya akan bertemu dengan orang yang lebih muda. Otomatis, ketika kita menjadi guru, kita pasti akan bergaul dan jiwa-jiwa muda akan menular dengan diri kita.

Seorang guru bisa menjadi pengajar sekaligus belajar. Kita bisa belajar banyak hal dari murid yang kita ajar. Kita bisa menjadi pendengar yang baik bagi mereka. Otomatis, kita menjadi banyak ilmu. Entah itu ilmu secara formal ataupun ilmu kehidupan yang sepertinya sangan langka saat ini.

Selain itu, kita juga bisa mendapat pahala dari mengajar. Sudah pasti ketika kita memberikan kebaikan, pasti kita juga akan memetik hasilnya. Sudah tercantum dalam Alquran surat Alzalzalah.

“Barang siapa melakukan kebaikan sebiji sawi, pasti akan ada balasannya”

Dan satu lagi yang penting. Jika kita menjadi pendidik, maka kita bisa berkontribusi untuk tumbuhnya insan-insan terbaik bangsa. Dengan menjadi pendidik, kita bisa mencetak presiden-presiden baru, insinyur-insinyur baru, dan seseorang yang bisa menjadi generasi perbaikan bangsa.

Ketika kamu sudah menjadi pendidik, dan seseorang yang kamu didik menjadi orang yang lebih baik, maka akan ada sebuah kepuasan dalam dirimu.

Jadi tunggu apalagi? ayo jadi pendidik! Saatnya menjadi orang yang bermanfaat. Karena sebaik-baiknya seseorang adalah orang yang bermanfaat untuk orang disekitarmu.

======================================================================================

sumber gambar : http://zipoer7.files.wordpress.com/2010/10/replika-oemar-bakri.jpg

8 thoughts on “Menjadi Pendidik, Cara Mudah Ubah Nasib Bangsa

  1. awesome hel🙂.
    coba indonesia bisa kayak jerman yak, yang gaji gurunya diperingkat nomor 1 tertinggi (kalo gak salah) pasti lah banyak generasi muda yang pengen jadi guru.
    by the way, jangan salah, sekarang kualitas guru di Indoensia gak kalah kok,,
    yaa, sekarang tinggal mulai dari diri kita masing2 lah yang harus jadi teladan buat orang-orang di sekitar kita.

  2. Setuju2.. yg mahasiswa yuk jadi asdos!! hahaha. jadi pendidik itu byk hikmahnya juga, ga cuma ngajarin ttg skill2 tertentu tapi kita juga bisa mengajarkan tentang arti kehidupan walaupun hanya dari setitik pengalaman dan opini2 yg kita pikirkan. keep up!

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s