Posted in Motivation, Muslim

Mencari Malam Terbaik dalam Seribu Bulan


Gak terasa ya, kita udah hampir diujung bulan Ramadhan. Udah ibadah apa aja sob? hehe. Nah ngomongin bulan Ramadhan pasti identik sama yang namanya obral pahala dan ampunan.

Nah, tahukah kamu bahwa di bulan Ramadhan ini ada sebuah malam, malam yang lebih baik dari seribu bulan? Betul, namanya malam Lailatul Qadar.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

“Sesungguh Kami menurunkan Al Qur’an pada malam Lailatul Qadar tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar itu lbh baik dari seribu bulan Pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dgn izin Rabb mereka (untuk membawa) segala urusan Selamatlah malam itu hingga terbit fajar.” (Al Qadar : 1-5)

Dan pada malam itu dijelaskan segala urusan yg penuh hikmah “Sesungguh Kami menurunkan pada suatu malam yg diberkahi dan sesungguh Kami-lah yg memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yg penuh hikmah (yaitu) urusan yg besar dari sisi Kami. Sesungguh Kami adl Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Ad Dukhan : 3 – 6)

Waktu datang Malam Lailatul Qadar

Nah, setelah tahu beberapa keutamaannya, kita pasti bertanya-tanya. Kapan sih malam lailatul qadar itu?

“Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.”   (Bukhari (4/225) dan Muslim (1169))

Telah banyak hadits yg mengisyaratkan bahwa amalan Lailatul Qadar itu pada sepuluh hari terakhir yg lain menegaskan dimalam ganjil sepuluh hari terakhir. Wallahualam.

Bagaimana Mencari Malam Lailatul Qadar

Nah, setelah tahu, kapan sih malam lailatul qadar itu? kita juga harus tahu gimana cara mendapatkannya.

“Barangsiapa berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar dgn penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah maka diampuni dosa-dosa yg telah lalu.” (HR. Bukhari (4/217) dan Muslim (759))

Diceritakan
“Ya Rasulullah apa pendapatmu jika aku tahu kapan malam Lailatul Qadar (terjadi) apa yg harus aku ucapkan?” Beliau menjawab”
“Ucapkanlah Ya Allah Engkau Maha Pengampun dan Mencintai orang yg meminta ampunan maka ampunilah aku.”  (HR. Tirmidzi (3760) Ibnu Majah (3850) dari ‘Aisyah sanad shahih)

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha:
“Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam apabila masuk pada sepuluh hari (terakhir bulan Ramadhan) beliau mengencangkan kain menghidupkan malam dan membangunkan keluarganya.”  (HR. Bukhari (4/233) dan Muslim (1174))
Juga dari ‘Aisyah dia berkata:
“Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersungguh-sungguh (beribadah apabila telah masuk) malam kesepuluh (terakhir) yg tak pernah beliau lakukan pada malam-malam lainnya.”  (Muslim (1174))

Oke, setelah tahu gimana sih malam lailatul qadar, keutamaan, dan cara mendapatkannya. Sekarang, yuk kita perbanyak amalan-amalan kita di sepuluh hari terakhir ini. Mumpung masih ada kesempatan. Semangat🙂

====================================================================================================

referensi : http://blog.re.or.id/keutamaan-malam-lailatul-qadar.htm

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s