Posted in Lomba Blog

Mudahkan Bisnismu dengan Sosial Media


Sebuah siang di kota Surabaya sudah terasa di siang hari. Terlihat pemuda hilir mudik sambil membawa gadgetnya. Seorang siswi SMA sedang asyik online dengan handphonenya. Di sebuah kafe di sebuah mall terlihat bapak-bapak dengan berpakaian rapi sedang bermain facebook dengan laptopnya. Hal ini sudah menjadi pemandangan yang sangat lumrah di sekitar kita.

Online menjadi hal yang sangat wajar disekitar kita. Saat kita menunggu bus, dalam antrian tiket bioskop bahkan ketika kita berada di kamar mandi terkadang menggunakan gadget kita untuk online di social media. Tarif internet menjadi sangat murah. Operator berlomba-lomba memberikan bonus terhadap pelanggannya. Hal ini semakin menambah hasrat sebagian orang untuk memanfaatkan internet sebagai bagian dari hidupnya. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya wifi gratis yang saat ini bisa diakses dengan mudah di tempat umum. Internet telah mengubah hidup kita.

https://i2.wp.com/blogs.ec.europa.eu/neelie-kroes/files/free_wi_fi_spot.gif

Dengan semakin banyaknya “penghuni” social media, mengapa tidak coba kita manfaatkan sebagai sebuah peluang untuk memasarkan bisnis? Yap, benar sekali. Jika kita bayangkan beberapa tahun yang lalu, kita lebih sering melihat orang berbisnis via online menjadi hal yang sangat sulit. Bahkan mungkin jika kita melihat twitter, kita lebih sering bilang. “Kok sepi sih?”. Tapi sekarang coba deh kita lihat. Semuanya serba online.

Why? Kenapa sih kita harus berbisnis lewat social media?

Ada yang bilang, “Bisnis saya masih kecil. Masa harus pake media social?” Malah justru, karena bisnis kecil ini, butuh sebuah terobosan besar yang murah atau bisa dibilang tanpa modal. Sekarang coba deh bandingkan, kita berbisnis offline yang mengandalkan toko sebagai media jualannya. Kita perlu sebuah tempat yang disebut toko itu sendiri, lalu butuh waktu yang agak lama untuk sekadar membuat toko itu menjadi dikenal dan famous. Tapi itu beda jika kita menggunakan social media, kita bisa berjualan lewat facebook, twitter, bahkan blog. Kalau bisa dibilang, uang yang kita keluarkan untuk membuat toko tersebut nyaris nihil. Kita hanya butuh koneksi internet untuk membuat bisnis kecil itu mengudara. Kita bisa memasang sebuah katalog produk-produk kita di blog dan facebook. Selanjutnya, kita bisa berpromosi ria lewat twitter, facebook, dan blog. Apalagi sekarang ada auto tweet. Apa sih auto tweet itu? Jadi setiap kita update di blog kita, maka otomatis akan muncul di timeline kita. How?

Why not now? Kenapa gak sekarang?

Kenapa gak sekarang? Mungkin jawabannya bisa kita lihat fakta di lapangan kalau sebenernya kita punya masalah yang sangat pelik dan kompleks untuk dicari solusinya, yaitu pengangguran. Jadi kenapa gak nyoba bisnis via social media mulai sekarang? Setidaknya ketika kita mencoba membuat bisnis kecil via social media dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Dengan segala kemudahannya, maka bisnis via social media menjadi hal yang sebenernya gak sulit untuk dilakukan. Gak punya ilmunya? Sekarang juga sudah ada yang namanya sekolah bisnis seperti, Prasetya Mulya Bussiness School. Jadi masih perlu nunggu untuk sebuah kebaikan? Apa perlu orang lain menjiplak ide kita dulu? Nggak kan?

https://i0.wp.com/static.panoramio.com/photos/original/3394678.jpg

Why not us? Jadi kenapa bukan kita?

Pertanyaannya, kalau bukan kita siapa lagi? Dengan segala apa yang sebenernya kita punya saat ini, berbisnis via social media bukan sebuah kemustahilan. Gak punya modal? Kita bisa menjadi reseller. Jadi kita tidak perlu membeli produk tersebut. Kita hanya perlu menjualnya saja.

Sudah banyak sebenarnya yang sukses setelah membuat sebuah bisnis kecil dengan social media.  Salah satunya coba kita lihat maicih. Dia mempunyai website yang berisi produk-produknya, dan jugaberita terbaru seputar usahanya. Selain itu, ia juga mengudara dengan akun twitternya yaitu @infomaicih. Akun twitter tersebut sudah mencapai 377602 followers. Lewat akun twitter tersebut, maicih memberikan info dimana ia sedang berada. Jadi pelanggannya bisa tahu dimana ia berada.

https://i0.wp.com/thedomainfo.com/thumbs/maicih.co.id_small.jpg

https://i2.wp.com/www.maicih.co.id/library/uploads/images/twitter_maicih.jpg

Dari beberapa info diatas,bisa disimpulkan bahwa kekuatan bisnis dengan social media ini sangat besar jika bisa melakukannya. Jadi, tunggu apalagi? Saatnya lakukan sekarang. Tidak perlu menunggu, sukses tidak hanya diawang-awang, tapi harus dilakukan.

===================================================================================================

Sumber gambar :

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s