Posted in Just Share

Agen Perubahan di Era Digital


Agen Perubahan di Dunia Digital

Waktu saya baru pertama kali menjadi mahasiswa, saya pernah diajari sama yang namanya Peran Fungsi Mahasiswa atau biasa disebut PFM. Dan salah satunya, peran dan fungsi mahasiswa adalah Agent of Change atau agen perubahan. Jujur ketika mendengar kata-kata ini sebenarnya sangat abstrak. Perubahan yang seperti apa? Perubahan untuk jadi lebih baik tentunya.

Sudah sepantasnya, kita sebagai anak muda untuk menjadi yang namanya Agent of Change atau agen perubahan. Bukan kenapa-kenapa, Karena memang sesungguhnya kita sebagai anak muda sedang mengalami usia emas. Ini adalah usia paling produktif dan sangat menjanjikan. Bahkan bung karno pernah berkata:

Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia

Nah Bagaimana? Dahsyat bukan?, oleh sebab itu, pemuda merupakan sebuah kekuatan besar dan menjadi tulang punggung bagi bangsanya. Sudah sangat wajar ketika bangsa sangat berharap kepada pemudanya.

Yap balik lagi ke agent of change. Gimana sih caranya jadi agent of change? Apakah kita harus berada di jaman penjajahan terlebih dahulu? Atau kita harus aksi di jalan menuntut keadilan? Hal itu merupakan beberapa cara yang mungkin bisa diambil. Tapi tetap masih ada sebuah cara yang sebenarnya sangat mudah, bisa dilakukan dengan cara yang masif dan menimbulkan efek bagi perubahan bangsa ini kedepan. Apakah itu?

Yaitu menjadi agent of change in digital world. Pernah tahu gak sih? Kalo sebenarnya dunia digital ini sangat potensial untuk melakukan perubahan. Gak percaya? Coba deh tengok negara mesir yang akhirnya menumbangkan sebuah rezim karena social media? Dahsyat bukan?

Lalu bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, beberapa contohnya: menjadi penulis blog yang memotivasi orang lain, tidak membeli software bajakan dan masih banyak lagi. Tapi masih ada yang sangat mudah, yaitu menyebar sebuah virus optimis dengan membuat positif di dunia maya seputar hal tersebut. Mengapa hal ini sangat penting? Karena jika dilihat sekarang, social media lebih cenderung memberiakan buruk tentang Indonesia. Selain itu, dunia digital menjadi ajang penggalauan bagi sebagian orang. Diputusin pacar, galaunya di social media. Dapet nilai jelek, curhatnya di social media.

Nah, daripada statusnya dibuat galau atau gak bermanfaat. Gimana kalo kita bikin sebuah status optimistis yang bisa menggerakkan beberapa orang di dunia maya. Karena ketahuilah kawan, sesungguhnya hal ini dapat sangat mudah untuk dilaksanakan dan bayangkan ketika kita bergerak bersama, tentunya kita bisa membuat virus-virus optimis melalui status status kamu di twitter. Yuk!

Blogvolution

One thought on “Agen Perubahan di Era Digital

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s