Posted in Indonesia, Just Share

Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali


Pagi ini saya melihat tweet dari @imanusman yang ngetweet tentang SabangMeraukeID. Saya penasaran dan pengen tahu, apa sih Sabang Merauke ID?

SabangMerauke adalah program pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia, dengan tujuan membuka cakrawala anak-anak Indonesia untuk memahami pentingnya pendidikan bagi masa depan mereka dan menanamkan nilai ke-bhinneka-an, sehingga mereka dapat memahami, menghargai, serta menerima keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

Anak-anak dari sebuah daerah akan diajak untuk meluangkan waktu libur sekolah selama 2 minggu untuk tinggal di daerah lain. Selama masa pertukaran ini, anak-anak ini akan tinggal bersama keluarga angkat yang memiliki nilai-nilai yang luhur dan pencapaian penghidupan yang baik sehingga bisa menjadi panutan nyata dalam hidupnya.

SabangMerauke menggarisbawahi pentingnya menjaga anak-anak ini untuk terus memegang teguh prinsip-prinsip kebaikan yang telah ditanamkan akar budayanya dan memaknai pengalamannya pasca program. Setelah mereka kembali ke daerahnya, anak-anak ini dapat menjadi jendela kemajuan bagi teman-temannya.

Batch pertama SabangMerauke dirancang untuk mulai berjalan pada masa libur sekolah Juni/Juli 2013, (tepatnya pada 29 Juni – 14 Juli 2013) dengan memberangkatkan 10 siswa SMP dari berbagai daerah di ujung Nusantara, untuk diajak ke Jakarta. Tidak tertutup kemungkinan pada batch-batch berikutnya akan ada penambahan jumlah peserta dan/atau penambahan daerah tujuan pertukaran.

Mungkin hal ini yang jadi sesuatu yang bisa dicontoh. Ketika saat ini kita bertanya kepada anak-anak yang merantau,

“Apa tujuanmu mengejar pendidikan hingga sejauh ini?”

dulu mereka akan menjawab

“Saya ingin membangun desa saya”

atau

“Saya akan membangun tanah kelahiran  saya”.

Namun, saat ini sudah sangat banyak yang memiliki orientasi yang berbeda. Bahkan ada yang ingin bekerja di luar negeri dan bekerja di perusahaan asing. Sungguh miris rasanya. Tapi, dengan adanya Sabang Merauke ID bisa menjadi sedikit pencerahan bahwa seharusnya, pemuda dan pemudi di Indonesia memiliki kewajiban Merantau Untuk Kembali.

Kita bisa mendukung kegiatan ini. Mulai dari membantu dalam hal donasi, logistik atau meluangkan waktu. Caranya bisa dilihat di Website Sabang Merauke ID. Salah satunya, temen-temen bisa berdonasi melalui membuat tulisan mengenai Sabang Merauke ID.

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s