Posted in Artikel

Hal Hal yang Mulai Kepikiran di Tahun Ke-empat Kuliah


Gak kerasa nih udah tahun keempat kuliah. Oiya, sebelumnya, kuliah yang dimaksud di sini itu kuliah S1 lo ya. Jadi ya kaya udah tahun terakhir gitu lah. Berikut adalah apa yang mungkin kamu rasakan. Namanya mungkin bisa jadi gak kepikiran. Tapi mungkin aja udah kepikiran lain.

Oke berikut adalah hal yang mulai kepikiran di tahun ke-4

1. Waktu begitu cepat

Yap, waktu terasa begitu cepat kalo udah tahun keempat. Saya udah ngapain aja ya pas kuliah. Padahal kemarin baru aja jadi maba. Tapi sekarang udah punya adik sebanyak 3 angkatan.

 

2. Galau Tugas Akhir

 

Yang paling ketara sih ini. Bagaimana caranya keluar dari kampus ini? Gue mau ngambil topik TA apa ya? Atau gue pengen dosbingnya siapa ya?. Pada saat ini kamu seperti ngerasa kalo TA bakalan jadi salah satu prioritas.

3. Harusnya punya sahabat banyak dari dulu

Ngelihat temen yang udah punya banyak sahabat, kok kayanya seneng banget. Bisa saling tukar pikiran, bisa saling bantu dsb. Mulai timbul penyesalan. Kenapa kok gak punya sahabat dari dulu?

4. Habis kuliah ngapain?

Pada tahun ke-empat pasti udah banyak yang punya pertanyaan. Setelah kuliah, mau ngapain ya saya? Mau kerja dulu apa S2 dulu? Atau s2 dulu terus kerja? Pertanyaan-pertanyaan ini udah mulai kepikiran. Terus ditambah lagi. Atau gue kawin aja ya? #lo

5. Apa karir saya?

Pada tahun ke-4 pasti udah mulai kepikiran dong. Mau jadi apa karena kita kuliah sekarang. Mau kerja di perusahaan? Atau mau jadi entrepreneur? Pasti udah kebayang deh sekarang. Bayang-bayang dream job pasti akan mulai muncul. Tapi gak sedikit juga yang masih bingung apa dream jobnya.

6. Mulai memikirkan untuk punya pasangan

Pada tahun keempat juga mungkin udah mulai galau. Sudah menjadi fakta bahwa sudah banyak yang menikah di seumuran kita saat ini sob. Kita pada tahun ini juga mungkin udah kepikiran. Kapan mulai memikirkan nikah. Saran saya sih jangan galau sob. Yang penting memantaskan diri J.

7. Belajar lebih giat dari tahun pertama

study-hard

Mulai tahun keempat mulai galau deh kenapa gak belajar giat dari tahun pertama. Kenapa kok dari dulu males-malesan. Kenapa kok sering bolos. Kenapa kok sering nyontek. Kenapa kok sering milih dosen yang enak nilainya aja. Padahal yang kita butuhkan kan kompetensi sob. Percuma lulus tapi plonga-plongo.

8. Gue bisa ngapain buat negara, bangsa dan agama?

Mungkin pernah kepikiran kalo kuliah kita itu gak semata-mata gara-gara bayaran kita aja. Tapi juga ada pajak yang dikasih sama orang-orang. Ngerasa kalo udah banyak nikmat yang telah kita dapet dari mereka. Terus kita bisa apa buat mereka?

9. Kenapa gak ikut organisasi

Begitu banyak organisasi di kampus, tapi kenapa kok cuma segini aja sih. Dulu di awal tahun mikirnya, ntar aja deh, yang penting perbaikin IP dulu. Tapi sekarang malah udah lebih sibuk daripada sebelumnya. Impian untuk berorganisasi udah pupus. Padahal organisasi banyak banget manfaatnya.

10. Bakal kangen temen-temen sekarang

tc2011

Mungkin bakalan ada yang kepikiran. Bakalan kangen sama temen-temen seangkatan. Mulai nostalgia deh pas liat adek angkatan yang kompak banget kaya kita dulu. Mungkin gak kaya sekarang yang diajakin kumpul aja susahnya minta ampun. Dan sampai pada suatu saatnya, kita bakalan kangen sama kamu sob!.

Nah itu tadi adalah beberapa hal yang mungkin bakalan kepikiran pas tahun ke-4. Kalo kamu udah kepikiran apa sob?

Tulisan di atas sebagian adalah pengalaman pribadi penulis dan ada yang tidak. Jika ada kesamaan pada diri anda. Maka tulisan ini benar adanya. Jadilah orang yang lebih baik dan jangan sia-siakan waktumu.🙂

One thought on “Hal Hal yang Mulai Kepikiran di Tahun Ke-empat Kuliah

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s