Posted in Artikel, Kerja Praktik, Kuliah

Pengalaman Kerja Praktik di PLN


Halo sob, sekarang saya mau sedikit share pengalaman saya ketika Kerja Praktik di PLN. As we know, ketika kuliah udah sampe di semester 6, biasanya di akhir kuliahnya ada yang namanya Kerja Praktik. Sebenernya peraturannya bukan itu sih. Peraturannya adalah ketika kita sudah menyelesaikan 90 SKS ketika kuliah. Karena saya sudah menyelesaikan 90 sks, maka sudah bisa mengajukan kerja praktik.

Perusahaan yang saya singgahi adalah PLN Distribusi Jawa Timur. Mengapa saya pilih PLN? Alasannya simpel. Saya pengen nyobain bagaimana iklim kerja di pemerintah. Sedangkan iklim kerja di software house sudah pernah saya dapatkan di Aksamedia. Selain itu, saya juga dapat partner yang punya link di sana. Jadi peluang diterimanya juga semakin mudah. Oiya, nama partner saya adalah Novita Nata aka Vivi.

Oke, setelah resmi dinyatakan diterima magang atau KP di sana. Saya mulai KP pada tanggal 1 Juli 2014. Hari pertama saya langsung menuju ke bagian TI-nya. Di sana saya bertemu dengan teman-teman magang yang lain yang kebetulan juga berada di TInya. Ada 2 cowok dan 2 cewek semuanya dari SI ITS.

Hari pertama saya langsung bertemu dengan orang yang kebetulan mengurusi bagian magangnya. Yaitu Pak Vicky. Di hari pertama kami langsung disambut dengan meeting bersama. Iya, mereka meeting gara-gara ada kami. Selanjutnya, Pak Vicky memanggil beberapa orang TI yang lain. Setelah itu, kami disuruh untuk menunjukkan apa yang sudah pernah kami kerjakan ketika di kuliah.

Singkat cerita, mereka tertarik dengan animasi dan permainan yang kami buat. Kebetulan sekali dari divisi ITnya juga membutuhkan sebuah animasi yang digunakan untuk menjelaskan ke pada klien mereka tentang simulasi bagaimana caranya mendistribusikan listrik dari pembangkit ke pelanggan. Akhirnya tugas saya adalah membuat animasi simulasi tentang pendistribusian listrik dari pembangkit sampai ke pelanggan.

Namun, tugas kami tidak itu saja. Ternyata pak Suryono (pembimbing saya yang lain) juga memanggil divisi humas untuk menanyakan kira-kira apa yang dibutuhkan dari divisi humas dari divisi TI. Sebenernya ada beberapa kebutuhan. Namun, biar nyambung sama yang pertama, akhirnya didapatkan permainan simulasi dari pembangkit ke pelanggan.

Hari-hari selanjutnya dihiasi dengan pencarian data, pengerjaan, progress dan meeting. Sampai pada akhirnya kamipun presentasi di depan orang-orang dari divisi TInya. Alhamdulillah dapet penilaian yang bagus dan kabarnya animasi kami akan dipresentasikan di depan direksi-direksi PLN. Selain itu, animasi kami juga akan dipasang di rayon-rayon PLN. Sementara itu, game kami juga akan digunakan dalam hal Pengabdian Masyarakat.

Oiya, selama di sini, ternyata kebanyakan alumni ITS juga. Bahkan salah satu karyawan seniornya, Pak Hadi adalah teman dari Pak Husni (Dosen saya). Selain itu juga ada alumni SMA 5 Surabaya.

Saya mengetahui beberapa kultur di sana. Kebetulan pas saya magang ketika bulan Ramadhan, maka setiap sehabis solat dhuhur ada yang namanya ceramah agama. Selain itu, sebelum kami masuk, harus menyetorkan KTP terlebih dahulu ke satpam dan mendapatkan ID. Setelah itu, baru kami bisa masuk dan absennya harus pake sidik jari. Absen dilakukan ketika pagi jam 07.30 dan pulang jam 15.30.

Selama KP di sana cukup banyak hal yang saya dapatkan. Saya baru tahu kalo ternyata ada MoM (Minutes of Meeting) kalo di perusahaan. Selama ini saya gunakan di medfo saja. Selain itu, saya juga dapet pengetahuan tentang listrik hehe. Saya dapet beberapa buku tentang kelistrikan yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. Hal lain yang saya peroleh jelas iklim kerja yang beda antara kuliah dan kerja. Jika di kuliah, kita bisa mengerjakan sekenanya saja, kalo kerja, harus menampilkan sesuatu yang bagus buat perusahaan.

Selain itu, saya juga merasakan apa itu yang namanya TGIF atau kepanjangan dari Thanks God Its Friday. Yang menandakan bahwa sebentar lagi adalah akhir pecan dan saatnya untuk libur haha.

Yap, mungkin sekian pengalaman saya magang di PLN Distribusi Jawa Timur. Bagaimana dengan magangmu? Semoga menyenangkan.

NB : fotonya nyusul ya, internetnya jelek :v

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

