Posted in Teknik Informatika ITS

Ngapain Aja di Teknik Informatika?


Oke, mau ngucapin selamat buat kamu-kamu yang baru saja diterima di Teknik Informatika. Welcome to the jungle #becanda. Tulisan ini saya tujukan bagi yang belum milih maupun yang barusan aja masuk. Semoga bermanfaat.

Baiklah, sekedar cerita, teknik informatika masih menjadi primadona di SNMPTN. Hampir tiap tahun menjadi top ranking dalam passing grade. Yang memperebutkan gak tanggung-tanggung. Bahkan sampe 50 orang memperebutkan 1 kursi.

Secara garis besar, teknik informatika memang berbicara mengenai komputer. Iya, komputer. Namun, jangan terlalu berpikir bahwa di jurusan ini bakalan tahu seluruhnya tentang komputer. Nyatanya di jurusan saya, ternyata lebih banyak tentang perangkat lunak. Tapi yang perlu digaris bawahi adalah. Kita di sini bukan pemakai. Tapi lebih kepada penciptanya.

Ngoding?

Kita lebih banyak memperlajari tentang memrogram. Banyak yang berpikiran bahwa hal itu gampang. Tapi kenyataannya tak semudah yang dikira. Kita bakalan mulai membuat program mulai dari yang paling dasar sampai yang bener-bener besar dan bermanfaat buat masyarakat. Tapi jangan khawatir, semua akan berawal dari nol. Akan banyak kamu temui teman-teman yang bakalan bernasib sama kaya kamu. Kesulitan ngoding pada awalnya. Intinya sih rajin-rajin latihan aja.

Kuliah di Informatika tidak ketemu dengan Mata Pelajaran yang di SMA kita anggap susah

Yap, kalo kamu kuliah di sana. Kamu gak akan ketemu sama pelajarang yang kamu anggap susah di SMA. Contohnya kaya biologi, kimia dan fisika. Matematika akan tetap kamu temui di sana. Namanya Kalkulus. Sama persis dengan yang ada di SMA tapi dengan perkembangan dan yang pasti bakalan dijelasin konsepnya. Bukan kaya di bimbel yang kebanyakan pake cara cepat.

Informatika != Desain

Di Informatika kamu gak akan diajarin yang namanya desain. Jadi jangan harap kamu bakalan diajarin cara make photosop atau software yang lainnya. Karena emang itu tidak ada di kurikulum dan bukan bidangnya. Namun, akan ada kelebihan tersendiri kalo kamu punya bakat desain dan masuk teknik informatika. Karena kebanyakan mahasiswa teknik informatika tidak dibekali dengan desain yang cukup baik. Desain yang bagus juga akan memperindah software kamu.

Informatika != service komputer

Sering juga yang menyangka hal demikian. Mereka menganggap apapun yang di dunia komputer, maka anak Teknik Informatika bakalan bisa. Saya aja pernah disuruh benerin printer gara-gara anak Teknik Informatika. Padahal, hal ini sama sekali tidak diajarkan di sini. Kalaupun diajarkan, hanya sebagian kecil saja. Tidak sampai di dalam-dalamnya.

Oke deh, segitu dulu ya tulisan saya tentang jurusan teknik Informatika. Semoga bermanfaat. Tunggu tulisan saya selanjutnya tentang teknik Informatika.

Bonus : Video Profil Teknik Informatika ITS

One thought on “Ngapain Aja di Teknik Informatika?

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s