Posted in Just Share, Kerja Praktik

Enaknya Kerja Praktik di Mana Ya?


Oke, tulisan kali ini akan sedikit mengulas tentang Kerja Praktik atau biasa digunakan untuk istilah magang. Sebagai pengantar, saya bakalan sedikit cerita tentang apa sih magang itu. Seperti yang sudah pernah saya bahas di tulisan sebelumnya, kalo di beberapa kampus mengharuskan kita buat magang setelah menyelesaikan beberapa SKS. Kalo di kampus saya sih, 90 sks. Tujuannya kerja praktik sih kalo saya bilang ya buat membiasakan diri buat mulai mengenal dunia kerja yang sesungguhnya. Kita bakalan dilepas ke perusahaan-perusahaan dan doing something buat apa yang dibutuhkan sama perusahaan itu.

Oke, tapi pasti bagi yang belum pernah magang pasti bingung banget milih mau magang di mana. Mungkin ada yang tanya-tanya senior. Ada yang bingung, dan ada yang mungkin cuek aja. Nunggu kapan waktunya. Semoga tulisan ini bisa mencerahkan kamu tentang enaknya magang di mana.

Next, enaknya magang di mana, beberapa saya survey sih punya alasan sendiri-sendiri dalam memilih perusahaannya. Dan berikut adalah tempat magang yang dijadikan tujuan bagi teman-teman saya. Siapa tahu bisa kamu jadikan referensi buat kamu bakalan magang di mana.

Perusahaan bagus

Jelas banget yang satu ini sangat diidam-idamkan buat magangers. Mungkin akan berbeda-beda kita dalam menafsirkan, perusahaan bagus itu yang kaya gimana. Beberapa teman, perusahaan bagus adalah perusahaan yang sudah mature, ada yang berpendapat yang multinasional. Ada juga yang bilang BUMN. Dan macem-macem juga.

Perusahaan di Ibukota

Banyak banget yang berpendapat, momen magang bisa dimanfaatkan buat yang berada di Ibukota kita. Atau Jakarta. Banyak yang bilang hidup di Jakarta itu sulit. Makanya banyak yang pengen nyoba-nyoba pengalaman buat magang di sana. Namun, yang mau magang di Ibukota harus siap-siap budget yang cukup. Soalnya menurut cerita teman-teman saya. Tinggal di Jakarta juga cukup menguras dompet.

Perusahaan yang Disenangi

Yang ini juga udah gak perlu dijelasin kayanya. Yang passionnya di game, bisa magang di tempat game developer. Yang passionnya di media, bisa di stasiun TV atau radio. Dan masih banyak lagi.

Perusahaan yang Dekat dengan Kampung Halaman

Banyak juga yang magang sekalian buat pulang kampong. Setelah satu semester di perantauan, mereka ingin ke kampung halaman dan magang di sana. Selain hemat biaya, kangen sama suasana rumah juga bisa jadi alasan buat magang di dekat kampung halaman.

Perusahaan yang ada Pariwisata di kotanya

Ada juga yang kaya gini. Tempat magangnya deket sama tempat wisata. Jadi sekalian magang, juga sekalian buat liburan. Lumayan juga buat kamu yang sudah lelah dengan kota tempat tinggalmu sekarang. Bisa juga, magang sekaligus melancong.

Perusahaan yang kotanya jauh dari orang tua

Nah, yang ini khusus biasanya buat yang pengen mandiri. Mereka yang memilih buat jauh dari kampung halaman biasanya memiliki alasan buat mencoba untuk merantau. Mencoba bagaimana susahnya bekerja sekaligus jauh dari orang tua.

5 thoughts on “Enaknya Kerja Praktik di Mana Ya?

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s