Posted in Just Share

Mengejarmu


Selamat malam readers, selamat malam minggu dan sabtu malam.

Oke, judul postnya ngeri abis ya. Iya, emang ngeri. Apa yang udah kalian pikirkan setelah membaca post di atas? oke. Time to clarify it. Jadi saya itu sebenernya mengejar …….. TEFL

Beberapa bulan lalu saya sempat dipusingkan dengan yang namanya TEFL. Sebenernya sama aja kok sama TOEFL yang paper based. Kalo kalian anak ITS pasti tahu kalo misalnya kita mau lulus dari kampus harus punya TEFL yang lumayan tinggi yaitu 477. Dan itu adalah masalah bagi saya.

Why? meskipun literatur dari anak-anak TC (jurusan saya) kebanyakan adalah bahasa inggris. Tapi jujur aja saya sendiri sempat bingun dengan yang namanya bahasa inggris. Nilai bahasa inggris saya pas kuliah juga B. Sadar akan keterbatasan diri. Akhirnya saya melakukan usaha. *ngiket ikat kepala*.

Pertama, saya sempet dapet info kalo misalnya mau pinter pas tes TEFL, kita harus sering-sering denger lagu inggris dan film yang berbahasa inggris. Emang ini ada benernya. Jadi kebiasaan denger yang bener. Selanjutnya, akhirnya saya les di suatu bimbingan sebut saja bimbingan A.

Akhirnya, setelah saya les di sana. Nilai saya juga tak kunjung membaik. Berkali-kali saya tes juga tetep aja kaya gitu. Bahkan sempet akhirnya tes yang ke sekian kalinya malah dapet 473. Kurang dikit banget kan? emang. It hurts a little.

Sampe akhirnya saya pede buat tes lagi. Nilainya malah turun jadi 433.

Sempet kepikiran. Di jalan inget TEFL, pas makan inget TEFL, pas sholat inget Allah.

Oke, selanjutnya ada pencerahan nih. Ada intensif di suatu tempat. Namanya Bu Dana. Orangnya emang katanya spesialis di sana. Bahkan sampe ada yang nilai toeflnya 640. Bayangin bro!! Akhirnya sambil nyari temen buat ikutan, akhirnya saya les di sana juga.

Emang cukup berhasil sih. Beberapa kali tes di les-lesan. Pernah sampe TOEFL saya naik sampe 550. Akhirnya pas tes beneran dapet 500. Alhamdulillah.

 

tefl

 

Terus ini beberapa oleh-oleh dari tempat les.

 

toefl

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s