Posted in Medfo

Divisi Media untuk Organisasi Mahasiswa, Perlukah?


https://i1.wp.com/www.socialmediasmarketing.com/wp-content/uploads/2013/07/social_media.jpg

Halo readers, kali ini saya akan sedikit membahas tentang perlu tidaknya sebuah divisi media di sebuah organisasi mahasiswa. Yang akan saya tulis saat ini merupakan pendapat pribadi yang saya alami sendiri sebagai Kepala Departemen Media Informasi Himpunan Mahasiswa Teknik Computer- Informatika ITS (Kadep Medfo HMTC).

Jadi jika ditanya apakah perlu sebuah media di organisasi mahasiswa(ormawa)? Jawabannya tentu saja perlu. Tapi dari menilik kebutuhan sebuah ormawa, memang sebauh divisi media sukup perlu.

Mengapa?

Penginfoan

Hal ini sudah sangat jelas. Banyak sekali informasi yang dibutuhkan oleh massa kampus. Seperti contohnya info beasiswa, info lowongan kerja, info kerja praktik dsb. Jika tidak ada divisi media, maka tidak ada yang menginfokan informasi. Kalaupun ada, maka harus ‘nitip’ ke divisi lain. Padahal divisi lain juga punya kerjaan yang lain juga.

Branding dan pemasaran ormawa

Tak jarang, organisasi kita harus berhubungan dengan dunia luar. Baik itu organisasi, lembaga ataupun individu. Tak jarang dunia luar sulit sekali mencari informasi tentang ormawa kita melalui medianya. Entah itu dari website, social media ataupun dari company profilenya. Semakin bagus medianya maka akan semakin membuat ketertarikan dunia luar terhadap ormawa kita.

Pencerdasan

Sebagai organisasi yang bergerak di kemahasiswaan. Sebuah pencerdasan mutlak diperlukan kepada massa kampus. Saat ini pencerdasan tak hanya melulu melalui cara-cara konvensional. Tetapi juga bisa melalui media agar lebih menarik dan mudah untuk diakses. Tak jarang saat ini banyak yang menulis lalu disebar di website. Membuat infografik, lalu disebar di sosmed dan mading. Membuat kultweet dan jajak pendapat. Dan masih banyak lagi caranya.

Menjalin kedekatan dengan penghuni dunia maya

Menjalin kedekatan dengan follower, likers, atau visitor adalah sebuah keharusan bagi setiap ormawa. Agar ormawa mempunyai citra yang bagus dan mempunyai daya jual. Semakin banyak follower yang membaca, maka informasi akan semakin banyak tersebar. Semakin banyak yang tersebar, maka akan semakin banyak manfaat yang diberikan oleh ormawa tersebut.

Sekian segelintir perlunya media untuk organisasi mahasiswa. Mungkin ada banyak lagi yang lainnya. Namun, hal yang di atas juga tidak mutlak selalu benar. Karena ada beberapa ormawa yang mempunyai urgensi lain mengapa membuat sebuah media.

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s