Posted in Just Share, PLN

Proses Seleksi PLN


Setelah beberapa bulan ikut diklat prajabatan Saya pengen berbagi nih gimana sih seleksi masuk ke PLN. Btw, udah tahu kan apa PLN itu?

Seleksi Berkas

Pengumuman kalo ada PLN saya dapat dari Job Fair. Saat itu Jobfair PENS di DBL Arena Surabaya. Di posternya ada syarat-syarat yang harus kamu penuhi. Hampir semuanya standar sih, cuma yang paling agak ribet adalah Surat Keterangan Belum Menikah yang harus minta ke Kelurahan.

Peminat perusahaan ini memang cukup besar jumlahnya. Antrinya mulai dari awal masuk mengular, terus putar balik, terus putar balik lagi😀. Banyak banget pokoknya. Sabar aja yang penting dan ikut antrian.

Setelah itu, berkas kita bakalan diseleksi. Beberapa minggu kemudian kita bakalan dikasih tahu lolos atau nggak via website PLN

Tes Intelegensi

Tes selanjutnya adalah tes intelegensi. Tesnya seputar numerik, logika dan bagaimana kita membayangkan bangun dan mengikuti pola. Tips untuk mengikuti tes ini adalah konsentrasi dan ikuti perintah. Jangan terlalu gugup dan jangan lupa sarapan.

Tes Akademik dan Bahasa Inggris

Selanjutnya adalah tes akademik. Di tes akademik ini kita bakalan dites tentang kemampuan kita sesuai dengan bidang yang akan kita tuju. Karena saya bidang informatika, maka ya soalnya seputar komputer dan sistem IT yang ada di PLN.

Tes bahasa inggris ya sama aja kaya tes biasanya. Susah susah gampang. Yang penting percaya diri dan jangan gugup.

Btw, ini tes akademik lo ya. Bukan tes potensi akademik. Saya jujur aja salah belajar. Hari sebelumnya saya belajar tes potensi akademik dan cukup kaget dengan tesnya. Tapi alhamdulillah lolos lolos juga.

Tes Psikologi

Selanjutnya yaitu tes psikologi. Di sini hampir sama dengan tes psikologi pada umumnya. Kita akan menggambar, menjawab pertanyaan yang sesuai dengan diri kita dan ada tes pauli. Bagi yang belum tahu tes pauli, tes ini adalah tes menjumlahkan angka dari atas ke bawah terus menerus dari kolom kiri ke kanan. Tips untuk melakukan tes pauli adalah konsistensi. Jangan sampai semakin ke belakang semakin melorot kecepatannya.

Tes Fisik

Selanjutnya yaitu tes fisik. Pelaksanaanya dulu saya di Laboratorium Pramitha di Jalan Rungkut Surabaya. Tes Fisik ini meliputi kondisi fisik kita. Pertama-tama kita akan dicek lingkar pinggang dan tinggi badan. Selanjutnya tes keseimbangan. Yang terakhir yaitu cek seluruh anggota badan. Di sini kita akan buka semua baju kita dan dicek badan kita. Mulai gigi, (maaf) dubur, kemaluan dsb.

Cukup awkward sebenernya tapi ya dijalani aja :v.

Tips untuk tes ini adalah olahraga, kurangi lingkar pinggang jangan sampai terlihat jemblung. Selanjutnya kalo punya gigi berlubang segera tambal. Terus coba latihan keseimbangan di rumah dengan cara berdiri dengan satu kaki.

Tes Kesehatan

Pada tahapan ini kita akan dites kadar kolesterol, paru-paru kita, gula darah, urin dan segala macam yang menyangkut kondisi dalam tubuh kita. Tipsnya, jangan merokok sebelum tes. Jangan makan-makanan yang mengandung lemak kaya bebek, kacang-kacangan dan berkadar kolesterol tinggi lainnya. Kalo bisa di hari sebelumnya juga olahraga kecil-kecilan.

Tes Interview

Yang terakhir adalah tes interview. Ya kalo interview sih ya udah gak ada yang perlu dijelaskan. Interview di perusahaan ya kaya gitu. Yang penting jawab dengan jujur dan penuh keyakinan. Jangan sampai ragu.

Tipsnya, jangan mepet-mepet kalo datang. Soalnya waktu saya interview itu, sebenernya jam 7.30 tapi jam 7 udah disuruh masuk dan ngisi beberapa berkas.

Selanjutnya jaga kesehatan, supaya kamu jawabnya dengan maksimal. Jawab pertanyaan dengan antusias dan pertahankan eye contact dengan lawan bicara.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya share. Kalo ada pertanyaan jangan sungkan berikan di kolom komentar ya😀. Semoga sukses.

Selamat Berkomentar (Kosongi Email jika bermasalah)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s